Tuesday 22 April 2014

Lancarkan Kudeta, Qatar Lakukan Infiltrasi di Tubuh Militer Saudi

Salah satu surat kabar transregional mengabarkan, Qatar berupaya untuk menlancarkan kudeta di Arab Saudi dengan melakukan infiltrasi ke dalam tubuh militer dan pasukan garda nasional negara itu. 
Fars News (20/4) melaporkan, surat kabar Al Shorouk mengutip sejumlah sumber terpercaya di kawasan Teluk Persia menulis, alasan kemarahan Riyadh terhadap Doha adalah terungkapnya komunikasi rahasia badan intelijen Qatar dengan sebagian petinggi militer dan pasukan garda nasional Saudi serta permintaan atas mereka untuk melakukan kudeta.
 
Sumber tersebut mengatakan bahwa Qatar juga menjalin komunikasi dengan aparat keamanan di Uni Emirat Arab dan Bahrain dengan maksud untuk melancarkan kudeta di negara-negara itu.

Pada saat yang sama, salah satu sumber terpercaya di Kementerian Luar Negeri Mesir kepada Al Shorouk mengatakan, Kairo menaruh curiga terhadap janji-janji Qatar untuk mengakhiri intervensinya di negara-negara kawasan yang disampaikannya dalam pertemuan tingkat Menlu negara-negara Dewan Kerjasama Teluk Persia.

Hubungan Qatar dengan negara-negara Dewan Kerjasama Teluk Persia memburuk dalam beberapa bulan terakhir. Saudi, UEA dan Bahrain menarik Duta Besarnya dari Doha dan upaya Kuwait serta Aljazair untuk memediasi dua pihak berseteru pun mengalami kegagalan. 

Sumber : Theglobal

No comments:

Post a Comment