Monday 23 December 2013

Amerika Pamerkan Artefak Militer Sadam Hussein

Pemerintah Amerika Serikat akan menggelar pameran artefak militer peninggalan mantan diktator Irak Saddam Hussein. 

Pameran tersebut digelar merayakan sepuluh tahun penangkapan Saddam yang terjadi pada 13 Desember 2003.

Pameran akan digelar di Oklahoma, pada akhir Desember 2013 ini."Kami sangat antusias terhadap pameran ini," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Kesejarahan Oklahoma, Bob Blackburn, Senin 23 Desember 2013.

Menurutnya warga Amerika pun memiliki antusias setinggi panitia pameran. "Karena tak setiap hari barang bersejarah seperti ini dapat dipertunjukkan ke publik," ujarnya.

Pameran ini juga akan memuat barang-barang milik tentara yang ikut memburu Saddam. Salah satunya adalah Senator Steve Rusell. Ia juga dikenal sebagai penulis buku, 'We Got Him!' yang memuat catatannya tentang perburuan dan penangkapan diktator Irak tersebut.

"Ini adalah bagian penting dalam sejarah kami (Amerika) yang harus dinikmati publik," ujar prajurit yang kini jadi senator itu. Ia berharap pameran ini kelak dapat membangkitkan rasa patriotisme warga dan hening cipta untuk tentara yang terluka dan mati dalam perburuan Saddam.

Barang-barang yang akan dipamerkan antara lain seragam militer Saddam semasa menjadi komandan tertinggi tentara Irak. Selain itu, senjata-senjata api dan tajam milik Saddam juga akan dipamerkan pada publik. 


Barang lain adalah buku catatan harian Saddam, topi berburunya, hingga tanda kepangkatan militernya selama menjadi Presiden Irak.

Sumber : Tempo

No comments:

Post a Comment