Thursday 5 November 2015

Antisipasi Ancaman, Korsel Beli 36 Helikopter Apache AH-64E

Korea Selatan (Korsel) membeli 36 helikopter Apache AH-64E dari Amerika Serikat (AS). Langkah ini diambil untuk meningkatkan pertahanan terhadap ancaman Korea Utara (Korut). Demikian diungkapkan pejabat pertahanan Korsel, Rabu (4/11), seperti dikutip dari Star and Stripes.

“Pengadaan helikopter serang canggih akan mulai dilakukan selama paruh pertama 2016 dan terus berlanjut hingga awal 2017,” kata seorang pejabat kementerian pertahanan Korsel dalam kondisi anonimitas.

"Kami melakukan ini sebagai persiapan untuk mengantisipasi pasukan lapis baja Korut,” lanjut pejabat itu. Belum diketahui, akan dikerahkan ke wilayah mana saja helikopter-helikopter baru ini.

Namun, pekabat itu membantah laporan yang menyebut helikopter baru itu pasti akan dikerahkan di pulau-pulau perbatasan barat laut Korsel.

Pada tahun 2010, Korut menembaki pulau perbatasan Korsel, Yeonpyeong. Aksi penembakan ini menewaskan dua tentara dan dua warga sipil. Pulau-pulau ini memang kerap menjadi titik gesekan antara militer Korut dan Korsel.

Helikopter Apache seri terbaru ini adalah andalan baru dalam setiap operasi Angkatan Darat Amerika Serikat. Helikopter ini diproduksi di pabrik Boeing, di Mesa, Arizona, AS.

Sumber : Sindo

No comments:

Post a Comment