Sunday 16 November 2014

AS Tambah Waktu Penempatan Kapal Perang Di Singapura

Kapal perang Amerika Serikat (AS) USS Forth Worth akan diberangkatkan menuju Asia, pada Senin 17 November. Kapal perang litoral (LCS) buatan Lockheed Martin itu sebagian besar akan beroperasi dekat wilayah Singapura selama 16 bulan.

Dilansir Reuters, Kamis 13 November, waktu penempatan USS Forth Worth itu akan menjadi yang terpanjang dalam sejarah penempatan kapal perang AS dalam 42 tahun. USS Forth Worth yang merupakan LCS kedua setelah USS Freedom, dijadwalkan tiba di Singapura pada Desember.

Sebelumnya, LCS pertama AS USS Freedom ditempatkan selama 10 bulan di Singapura, pada 2013. USS Forth Worth memiliki 54 kru tama, ditambah 19 operator peralatan perang, serta 24 orang pada unit penerbangan yang mengoperasikan MH-60R Seahawk dan MQ-8B Firescout.

Misi Forth Worth itu akan sekaligus menjadi misi pertama Seahawk dan Fire Scout. Seahawk merupakan helikopter berawak buatan Sikorsky Aircraft, unit pada perusahaan United Technologies Corp. Sementara Fire Scout buatan Northrop Grumman Corp, adalah helikopter tanpa awak.

Forth Worth memiliki panjang 119 meter dan sarat kapal hanya 4 meter, yang membuat kapal perang itu dapat memasuki lebih banyak kawasan pantai dibandingkan jenis kapal perang lainnya, yang memiliki sarat lebih dari 9 meter.

Sarat atau draft, adalah jarak antara lunas sampai garis air. USS Forth Worth diklaim 15 persen lebih hemat bahan bakar daripada USS Freedom, dan dapat mencapai kecepatan lebih dari 40 knot atau sekitar 74 kilometer per jam.

Kapal-kapal LCS didesain untuk melakukan misi tertentu, seperti melacak ranjau, kapal selam, dan perang permukaan menggunakan paket peralatan yang mudah ditukar.


Sumber : Viva

No comments:

Post a Comment