Tuesday 22 July 2014

Tiongkok Intip Latgab Maritim Terbesar Dunia


Lebih dari 20 negara yang ikut latihan maritim terbesar di Hawaii, resah dengan kehadiran kapal pengintai elektronik Tiongkok.

Business Insidermengabarkan Sabtu (19/7/2014), kapal intelijen elektronik Tipe 815 Dongdiao bernama ‘’Beijixing’’ tersebut ditempatkan cukup jauh dari tempat latihan bersama di Samudera Pasifik.

Apalagi,Tiongkok telah mengirim empat armadanya dalam latihan tersebut. ‘’Kami tetap mengawasi kehadiran kapal itu,’’ tutur Kapten Darryn James, jurubicara armada angkatan laut AS di Pasifik kepada Honolulu Star-Advertiser.

Meski banyak yang masygul dengan kehadiran kapal pengintai milik Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China itu, tapi ada pula yang maklum. 

Institut Angkatan Laut AS (USNI) menjelaskan pemantauan sinyal elektronik dan komunikasi di antara negara yang berseteru dalam latihan bukan hal baru.

‘’Angkatan laut AS dan Rusia dikenal saling memonitor dan melirik informasi intelijen. Tiongkok juga sering menuduh AS acapkali melakukan pengintaian seperti di Laut China Selatan,’’ tulisnya.

Namun, hal ini mengundang komentar pahit dari anggota Kongres Randy Forbes. Ketua komisi angkatan bersenjata di Kongres ini tak bisa mempercayai Tiongkok.

‘’Kini kita tahu bahwa Tiongkok tidak menghargai ke-20 negara lain yang ikut latihan dengan menghadirkan kapal lain. 

Jelas Tiongkok tidak bisa menjadi patner yang bertanggungjawab. Kali ini mungkin menjadi latihan bagi Tiongkok,’’ kata Randy Forbes, anggota Kongres dari Partai Republik.

Sumber : Inilah

No comments:

Post a Comment