Wednesday 18 June 2014

Rusia Sambut Kapal Selam Tenaga Nuklir Tercanggih

Angkatan Laut Rusia secara resmi telah menerima kapal selam serbaguna dan paling canggih yang pernah diproduksi Rusia. Kapal selam bertenaga nuklir itu bernama K-560 Severodvinsk.
 
K-560 Severodvinsk adalah kapal selam utama dari kapal selam cadangan Yasen, yang menjadi tulang punggung kekuatan konvensional Angkatan Laut Rusia. 


Kapal selama paling canggih milik Rusia itu sebenarnya sudah dibuat sejak 1993. Namun, karena ada pembatasan anggaran dari pemerintah transisi pasca-Uni Soviet pembuatan kapal itu tertunda.
 
Kapal itu akhirnya rampung dibuat dan sudah menjalani uji coba sejak September 2011. Angkatan Laut Rusia mengibarkan bendera negara mereka, Selasa (17/6/2014) di Severodvinsk, kota yang namanya diabadikan sebagai nama kapal paling canggih tersebut.
 
Komandan Angkatan Laut Rusia, Laksamana Victor CHirkov mengatakan kepada awak kapal selam, bahwa kapal selam paling canggih itu setidaknya akan beroperasi selama 30 tahun.
 
Sebelumnya, Rusia telah memiliki kapal selam Yasen yang menjadi saingan kapal selama tenaga nuklir Amerika Serikat. Kapal selam Severodvinsk memiliki panjang 120 meter, dengan berat 13.800 ton. Kapal selam paling canggih itu juga mampu melaju dengan kecepatan hingga 30 knot (56 km/jam) dengan posisi menyelam.
 
”Kami akan membangun sebanyak mungkin (armada kapal militer) yang kita butuhkan untuk mempertahankan tanah air kita,” kata Laksamana Chirkov, seperti dikutip Russia Today


Kapal terbaru kebanggaan Rusia itu menjadi variasi kapal canggih selain kapal Yasen.”Hukum-hukum dan aturan yang keras tidak mengizinkan adanya jeda dalam merancang kapal selam generasi baru,” lanjut dia, yang menambahkan bahwa kapal selam Rusia menjadi andalan selain teknologi drone (pesawat nirawak) dan persenjataan lainnya.


Sumber : Sindo

No comments:

Post a Comment