Saturday 14 June 2014

Rusia protes pelanggaran perbatasan oleh tentara Ukraina

Kementerian Luar Negeri Rusia mengirim nota protes kepada Ukraina sehubungan dengan pelanggaran oleh tentara Ukraina, kata satu pernyataan resmi pada Jumat (13/6).

Moskow telah menuntut Kiev menghentikan provokasi terhadap perbatasan Rusia, yang "menghambat proses yang baru dimulai mengenai pemulihan dialog bilateral Rusia-Ukraina" dan melanggar norma dasar hukum internasional, kata kementerian tersebut.

"Perbatasan negara dilanggar oleh satuan militer, saat satu kendaraan tempur infantri menyeberangi perbatasan. Satu upaya dilakukan untuk membangkang perintah penjaga perbatasan Rusia," kata Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov, Jumat, sebagaimana dikutip Xinhua, Sabtu pagi.

Satu kendaraan tempur infantri Angkatan Bersenjata Ukraina menyeberangi perbatasan negara Rusia di Wilayah Rostov, Rusia baratdaya, pada hari itu, kata kentor berita Rusia, Itar-Tass.

Penjaga perbatasan Rusia menahan kendaraan itu dan awaknya mundur. Upaya yang dilakukan belakangan untuk merebut kembali kendaraan tersebut dihentikan oleh penjaga perbatasan. Tak ada senjata yang digunakan dan tak ada laporan mengenai korban jiwa.

Penyelidikan sedang dilakukan. Belum ada tanggapan dari Kiev setakat ini.


Sumber : Antara

No comments:

Post a Comment