Sunday 1 June 2014

Bela Ukraina, Obama Serius Ingin Lawan Rusia

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama di hadapan para pemimpin Eropa menegaskan kebijakannya, 

bahwa AS serius dan komitmen melawan Rusia atas tindakannya dalam krisis Ukraina. AS ingin mengisolasi Rusia di kancah internasional.

Sebelumnya, saat berada di Polandia, Obama mengadakan pertemuan dengan presiden terpilih Ukraina, Petro Poroshenko. AS selama ini telah menjatuhkan sanksi terhadap beberapa pejabat Rusia dan tokoh di Ukraina timur.

Menurut Obama, tekanan ekonomi jauh lebih efektif daripada tindakan militer. ”Kemampuan kita untuk membentuk opini dunia membantu mengisolasi Rusia sesegera mungkin. Karena kepemimpinan Amerika, dunia segera mengutuk tindakan Rusia,” kata Obama, seperti dikutip Reuters, Minggu  (1/6/2014).

Namun, penanganan AS dalam krisis Ukraina telah menuai kritik dari berbagai pihak. Salah satunya Lech Walesa, mantan Presiden Polandia yang juga dikenal sebagai negarawan Eropa Timur. Walesa dikenal karena perannya menggulingkan rezim komunis Polandia tahun 1980-an.

Dia menilai Obama tidak cukup kuat dalam pendekatan untuk menangani krisis Ukraina. ”(Negara) adidaya tersebut belum sampai dengan pekerjaan, dan oleh karena itu dunia berada pada titik berbahaya dan mungkin itu benar-benar kasus yang buruk telah terjadi, karena krisis kepemimpinan,” kritik Walesa yang ditujukan kepada Obama.


Sumber : Sindo

No comments:

Post a Comment