Monday 26 May 2014

Pesawat Tempur Hampir Tabrakan, Tiongkok Salahkan Jepang

Beijing - Tiongkok menyatakan pesawat tempurnya yang mendekati pesawat Pasukan Bela Diri (SDF) Jepang telah bertindak menanggapi upaya masuk dan gangguan atas latihan militer.

Kementerian Pertahanan Tiongkok mengeluarkan pernyataan dalam situs webnya, Minggu (25/5). Disebutkannya dua pesawat SDF memasuki zona identifikasi pertahanan udara Tiongkok dan memata-matai serta mengganggu latihan bersamanya dengan Rusia.

Pernyataan itu juga menyebutkan pesawat jet tempur Tiongkok dikirim segera ke lokasi untuk melakukan identifikasi dan perlindungan yang diperlukan.

Pernyataan itu mengkritik Jepang karena memasuki wilayah udara saat latihan sedang berlangsung dan hal itu melanggar aturan internasional dan norma-norma yang berlaku. Disebutkan juga bahwa langkah itu dapat memicu kesalahan dalam memutuskan serta kondisi lain yang tak terduga di udara.

Pernyataan itu menuntut agar Jepang menghormati hak-hak sah dari AL Tiongkok dan Rusia, dan agar Jepang menghentikan segala tindakan pengintaian atau gangguan. 

Tiongkok memperingatkan bahwa Jepang akan bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang ditimbulkan. Sebanyak 16 kapal perang beserta pesawat-pesawat ikut ambil bagian dalam latihan di kawasan itu selama tujuh hari yang akan berakhir hari ini, Senin (26/5).

Sumber : Beritasatu

No comments:

Post a Comment