Monday 26 May 2014

Klaim Pulau di Laut China Selatan, Beijing Sebut Vietnam Konyol

BEIJING – Pemerintah China menyebut Vietnam konyol karena ikut mengklaim pulau di kawasan Laut China Selatan. 

Pulau di kawasan itu jadi sengketa China, Vietnam, Malaysia, Brunei, Filipina dan Taiwan karena kaya minyak dan gas alam.

China telah mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan. Mereka menolak klaim dari pesaing mereka, yakni Vietnam, Filipina, Taiwan, Malaysia dan Brunei.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Qin Gang, tidak setuju atas klaim Vietnam terhadap pulau di Laut China Selatan yang menurut Vietnam berdasarkan sejarah negara mereka.

”Melihat bahwa Kementerian Luar Negeri Vietnam mengadakan konferensi pers Jumat lalu (terkait klaim pulau), saya merasa itu sangat konyol,” kata Qin, Senin (26/5/2014) seperti dikutip Reuters.

Pulau-pulau yang diklaim Vietnam adalah pulau Paracel dan Spratly. ”Paracel adalah wilayah tak terbantahkan dari orang-orang China,” kata Qin. Menurutnya, pulau itu telah menjadi bagian dari wilayah China sejak dinasti Han. Pulau itulah yang dItemukan pertama kali oleh penjelajah China.

Pada Jumat pekan lalu, Vietnam menyatakan klaim mereka atas pulau tersebut berdasarkan sejarah negara mereka. “Bukti sejarah dan hukum menunjukkan bahwa Vietnam memiliki kedaulatan mutlak di Kepulauan Paracel dan Spratly,” kata Tran Duy Hai, Wakil Kepala Komite Perbatasan Nasional Kementerian Luar Negeri Vietnam.


Sumber : Sindo

No comments:

Post a Comment