Wednesday 23 April 2014

Kesepakatan kode etik kelautan AS dan berbagai negara

Amerika Serikat dan negara-negara yang berbatasan dengan Samudra Pasifik mencapai kesepakatan dengan kode etik di laut untuk mengurangi peluang bentrokan yang tidak disengaja.

Dengan ketegangan yang meningkat antara Cina dan negara-negara tetangganya terkait sengketa kepemilikan pulau, kesepakatan ini diharapkan bisa membuat komunikasi yang lebih baik antara kapal-kapal yang melintasi jalur laut yang sibuk. 

Diberi nama Aturan untuk Pertemuan Yang Tidak Direncanakan di Laut, kesepakatan ini tidak mengikat dan tidak ada kaitannya dengan tuntutan wilayah di Laut Timur dan Laut Cina Selatan.

Namun pejabat dari Cina dan Klik Amerika Serikat yang menandatangani kesepakatan di kota pelabuhan Cina, Qingdao, mengatakan kesepakatan menetapkan prosedur bagi kapal-kapal untuk mengurangi risiko kesalahapahaman. 

Kesepakatan ini ditandangani Amerika Serikat, Klik Jepang, Filipina, Malaysia, dan beberapa negara lainnya, termasuk Kanada dan Meksiko. 

Kapal-kapal Cina dan Jepang beberapa kali terlibat ketegangan di laut karena Cina meningkatkan patroli setelah Klik Tokyo membeli pulau-pulau yang disengketakan kedua negara pada tahun 2012. 

Kepulauan yang menjadi sengketa itu disebut Senkaku oleh Jepang dan Diaoyu oleh Cina.
Cina kemudian menanggapi dengan Klik memperluas 'kawasanKlik pertahanan udara' yang mencakup wilayah di atas kepulauan tersebut. 

Sumber : BBC

No comments:

Post a Comment