Friday 17 January 2014

AS-Korsel Rencanakan Latihan Militer, Korut Lontar Ancaman

PYONGYANG - Korea utara (Korut) mendesak negara tetangganya, Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS), untuk menunda latihan militer tahunan. Rencananya latihan militer tersebut akan berlangsung pada Februari dan Maret.

Pada 2013 lalu, Korut sempat melontarkan ancaman dengan melakukan serangan terhadap AS, Jepang dan Korsel bila latihan militer ini tetap berlangsung. Korut pun mengaku mempersiapkan pasukannya menghadapi latihan militer tersebut.

Korut terus berpandangan bahwa latihan militer tersebut sebagai langkah awal dari AS dan Korsel yang ingin menginvasi negara mereka. Tetapi banyak pihak yang menilai bahwa Korut tidak akan mengambil resiko melakulan serangan, karena sudah pasti akan kalah.

Justru pengamat menilai bahwa Korut akan lebih memilih meluncurkan roket jarak jauh atau mempercepat uji coba nuklir. Korut saat ini hanya bisa memberikan ancaman semu terhadap Korsel dan AS. Demikian diberitakan Reuters, Kamis (16/1/2014).

Satu hal yang harus diperhatikan, Korut bisa saja meluncurkan serangan artileri terhadap Korsel. Hal tersebut pernah dilakukan pada 2010.

Serangan artileri itu membuahkan resiko memprovokasi respons militer Korsel. Hal ini dikhawatirkan bisa memicu konflik yang lebih luas.


Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment