Sunday 15 December 2013

Jet Tempur Mig-31 Jatuh, Pilot Selamat

Sebuah jet tempur Mig-31 Foxhound milik Angkatan Udara Rusia jatuh di Primorye, wilayah timur jauh negeri itu. 

Beruntung dua awaknya berhasil menyelamatkan diri menggunakan kursi lontar.

Jet tempur pencegat itu jatuh 26 kilometer dari pangkalan udara Tsentralnaya Uglovaya dekat Vladivostok setelah lepas landas dari lapangan udara Knevichy. Kementerian Pertahanan mengatakan pesawat mengalami kegagalan pada salah satu dari dua mesin sebelum kecelakaan itu. 

Pesawat baru saja dirombak untuk peningkatan kemampuan tempurnya. MiG-31 adalah pesawat pencegat tercepat yang beroperasi di dunia. 

Angkatan Udara Rusia saat ini melakukan upgrade besar-besara pada varian MiG-31s ke standar MiG-31BM. Sebuah MiG-31 milik Angkatan Udara Kazakhstan jatuh pada bulan April tahun ini , 

menewaskan pilot dan melukai navigator. Mig-31 adalah pesawat pencegat jarak pendek tercanggih yang dikembangkan Rusia di era Uni Soviet. 

Selain bisa terbang hingga kecepatan Mach 3, pesawat itu dilengkap sistem penguncian target multiple. Kelebihan utama dari MiG-31 adalah radar antena array bertahap tetap Zaslon yang oleh NATO disebut sebagai Flash Dance. 

Hingga tahun 1987, lebih dari 150 Mig-31 dioperasikan di beberapa lokasi dari wilayah Arkhangelsk di barat laut USSR sampai timur jauh Soviet. Pesawat itu memang didesain untuk misi pertahanan udara dalam negeri Soviet.

Sumber : Terapos

No comments:

Post a Comment