Thursday 14 November 2013

AS Segera Operasikan Pesawat Mata-mata Baru

Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat akan segera mengoperasikan pesawat surveillance baru buatan Boeing, P-8A, yang dasarnya dari jenis 737.

AL berencana membeli 117 pesawat anti kapal selam dan anti senjata darat ini untuk menggantikan jenis P-3 buatan Lockheed Martin Corp.

Boeing memenangi tender memasok pesawat P-8A pada 2004 dan telah melakukan uji terbang perdana pada 2009.

Dengan status "initial operational capability" atau kemampuan beroperasi awal yang diberikan AL, pesawat ini bisa mulai dikerahkan Desember.

Boeing, yang juga membuat delapan pesawat sejenis untuk India, akan memamerkan P-8A di Dubai Air Show mulai hari Minggu ini.

Sejauh ini, berdasarkan kontrak yang diteken pada 2011, 2012 dan 2013, Boeing membuat 37 P-8A Poseidon untuk AL, dan sampai Oktober kemarin telah mengirim 12 unit.

Menurut Boeing, pesawat baru ini akan meningkatkan kemampuan tempur AL dengan jumlah kru dan peralatan yang lebih sedikit dibandingkan P-3.

P-8A diklaim memiliki jarak jelajah lebih jauh, daya angkut lebih besar, terbang lebih tinggi dan sistem operasi terbuka yang felsibel untuk upgrade di masa depan.

Sumber : beritasatu

No comments:

Post a Comment