Monday 14 March 2016

Kapal Selam Korut Hilang di Laut Jepang

Salah satu kapal selam milik Korea Utara (Korut), dilaporkan hilang di Laut Jepang atau Laut Timur (menurut penyebutan Korut). Hal ini mencuat dari laporan pengamatan satelit, pesawat intai, serta kapal perang Amerika Serikat (AS).

Hilangnya salah satu kapal selam Korut ini juga akhirnya dikonfirmasi oleh seorang sumber Kementerian Pertahanan Korut yang enggan disebutkan namanya.

Sebagaimana dikutip Fox News, Sabtu (12/3/2016), sumber tersebut memaparkan bahwa kapal selam mereka yang hilang bukan kapal selam berukuran besar, melainkan kapal selam kecil alias midget dari kelas “Yono”.

Kapal selam berukuran 70 kaki bertenaga diesel dengan diawaki dua orang operator sabotasi itu, kini masih dalam pencarian Angkatan Laut Korut.

Sementara sumber dari militer AS menyatakan, kapal selam Korut itu diduga kuat sudah tenggelam sejak sepekan lalu.

“Sekitar sepekan lalu kapal selam itu hilang dan spekulasinya adalah, kapal selam itu tenggelam,” timpal sumber dari militer AS, diwartakan USNI.

“Pihak Korut tak melakukan usaha-usaha yang mengindikasikan adanya masalah atau mereka membutuhkan bantuan pihak lain (dalam pencarian kapal selam),” sambungnya.

Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment