Friday 15 January 2016

Bom Termahal di Dunia, Pembuatannya Telan Dana Rp 152 triliun

Insinyur asal Amerika Serikat (AS) telah mencurahkan energi serta fokus mereka dalam beberapa bulan ke belakang untuk mendesain dan menguji B61-21, sebuah bom atom yang dibangun di sebuah laboratorium senjata di Albuquerque, New Mexico.
 
Melansir halaman motherjones.com, Jumat (15/1/2016), bom ini didesain dengan teknologi sangat canggih yang memungkinkan senjata pemusnah masal ini mampu untuk melumpuhkan targetnya dengan sangat tepat.

Bom yang dibuat dengan teknologi ‘Dial-a-yield’ ini memiliki berat 300 ton, hampir 200 kali lebih kecil dibanding bom atom Hiroshima-Nagasaki yang dijatuhkan 70 tahun yang lalu.

Penyelesaian pembangunan B61-21 diperkirakan selesai pada tahun 2020. Satu hal yang menjadi daya tarik tersendiri adalah, pengembangan senjata ini menguras dana hingga US$ 11 miliar atau setara dengan Rp 152 triliun. B61-21 pun sukses didapuk menjadi bom atom termahal yang pernah dibuat.

Walaupun pengembangan senjata ini memang menuai banyak kritik, pemerintah Amerika Serikat tetap bersikukuh untuk menyelesaikan pengembangan senjata api ini.

Sumber : Liputa6

No comments:

Post a Comment