Wednesday 27 May 2015

PM Israel: Nuklir Iran Seribu Kali Lebih Berbahaya dari ISIS

Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu, memperingatkan bahwa senjata nuklir akan menjadi momok yang seribu kali lebih berbahaya dan merusak ketimbang kelompok ISIS. Komentar itu dikeluarkan Netanyahu melalui pihak kantornya.

”Mengerikan seperti ISIS, sekali lagi Iran, negara teroris terkemuka di sepanjang waktu akan memperoleh senjata nuklir. Itu akan menjadi seratus, seribu kali lebih berbahaya dan lebih merusak daripada Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS),” kata Netanyahu, Rabu (27/5/2015), seperti dilansir Al Arabiya.

Pernyataan PM Israel itu disampaikan di saat tokoh politik dan ahli Iran bertemu dengan para tokoh dari negara-negara kekuatan dunia (P5+1) di Wina menjelang lanjutan perundingan nuklir Teheran pada 30 Juni 2015 nanti.

”Seperti perundingan sebelumnya, perundingan dengan P5 + 1 dimulai, dan saya takut mereka bergegas untuk apa yang saya anggap sebagai kesepakatan yang sangat buruk,” kata Netanyahu yang ditujukan kepada Senator Amerika Serikat (AS) Bill Cassidy.

”Saya tidak melihat alasan untuk terburu-buru mencapai kesepakatan dan tentu bukan hanya masalah buruk yang membuka jalan Iran untuk mendapatkan bom, tetapi juga mengisi pundi-pundi Iran dengan puluhan miliar dolar untuk mengejar agresinya di seluruh Timur Tengah dan di sekitar perbatasan Israel,” ujar Netanyahu.

PM Israel ini telah menjadi pengecam keras atas kesepakatan nuklir antara Iran dan negara-negara kekuatan dunia yang terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, China, Prancis, Rusia dan Jerman. Kesepakatan itu akan menjadi kesepakatan final setelah pada 2 April 2015 lalu, kesepakatan tahap awal dari perundingan nuklir Teheran tercapai.

Sumber : Sindo

No comments:

Post a Comment