Friday 1 May 2015

Masyarakat Vietnam Tak Pernah Lupakan Perang

Masyarakat Vietnam tak akan pernah melupakan perang di Kota Saigon pada 30 April 1975. Salah satunya Anh Tu Nguyen yang masih berusia 32 tahun saat perang itu berakhir.
 
Ya, perang berakhir ketika pasukan Vietnam yang dipimpin Jenderal Van Tien Dung ditarik dari Saigon. Penarikan itu sekaligus mengakhiri Perang Vietnam. Ketika 140 ribu warga dievakuasi militer AS, Vietnam memutuskan untuk tetap bertahan.

Saat itu, pria yang kini tinggal di London, Inggris, tersebut percaya kemenangan Vietnam Utara akan mempersatukan negaranya. Ternyata, keyakinan Nguyen yang merupakan mantan jurnalis tidaklah salah.

“Saya sangat bahagia perang itu sudah berakhir dan ada kesempatan untuk menyatukan negara kami. Saya yakin kami mampu melakukan itu. Saya mengatakan seperti itu kepada teman saya,” ungkap Nguyen, seperti diberitakan IB Times, Jumat (1/5/2015).

“Saya tidak pernah melakukan hal yang berguna untuk Vietnam. Jika para komunis membunuh saya, paling tidak saya coba melakukan sesuatu,” sambung pria yang sekarang berusia 72 tahun itu.

Pada 30 April dan 1 Mei 2015, masyarakat Vietnam memang merayakan kemenangan di perang itu secara besar-besaran pada empat dekade lalu. Perang itu menimbulkan korban 3 juta masyarakat Vietnam dan 60 ribu tentara AS.

Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment