Saturday 9 May 2015

China Kembangkan Senjata Anti-Satelit, AS Terancam

Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengungkap laporan bahwa China telah mengembangkan senjata laser dan senjata anti-satelit. Kemajuan pesat China itu membuat sistem satelit AS merasa terancam.

Dalam laporannya kepada Kongres AS, China juga disebut telah membangun infrastruktur tanah yang luas untuk membangun peluncur dan pengongtrol satelit.

Laporan ini menandai dorongan terakhir pejabat militer AS untuk menyoroti meningkatnya ancaman terhadap sistem satelit AS. Kekhawatiran mereka membuat pemerintahan Presiden Barack Obama mengusulkan anggaran belanja ketahanan militer US$5 miliar untuk lima tahun ke depan.

Pada bulan Oktober 2014, China telah meluncurkan 16 pesawat ruang angkasa yang telah dilengkapi sistem komunikasi satelit dan sistem pengawasan. Hal itu termasuk satelit pertama yang menyediakan citra resolusi yang sangat tinggi.

Laporan ini memberikan rincian baru tentang apa yang disebut teknologi "counterspace" China. ”Pemerintah AS memberikan rincian lebih lanjut tentang kegiatan ‘counterspace’ China daripada yang mereka miliki di masa lalu," kata Brian Weeden dari lembaga nirlaba Secure World Foundation.

“Pentagon jelas semakin khawatir tentang kemampuan China yang tumbuh pesat dan kemampuan counterspace-nya,” lanjut Weeden, seperti dilansir Reuters, Sabtu (9/5/2015).

Sumber : Sindo

No comments:

Post a Comment