Sunday 29 March 2015

Moskow Khawatir NATO Tempatkan Pesawat Tempur Pengangkut Senjata Nuklir di Dekat Perbatasan Rusia

Kementerian Luar Negeri Rusia menyebutkan adanya kemungkinan NATO menempatkan pesawat serang yang mampu mengangkut senjata nuklir di dekat perbatasan Rusia, demikian dilaporkan Interfax.

Latihan Angkatan Udara AS yang mulai dilakukan di Estonia sejak Jumat (20/3) lalu di wilayah Baltik dan di atas Laut Baltik dapat dianggap sebagai ‘cara untuk meningkatkan kehadiran Angkatan Laut AS dan negara-negara NATO lain di dekat perbatasan barat Rusia’. 

Hal tersebut diungkapkan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Alexander Lukashevich dalam konferensi pers pada Kamis (26/3).

“Kementerian Pertahanan Estonia melihat latihan ini sebagai awal operasi yang dilakukan oleh Angkatan Udara AS di markas Amari, yang membuktikan adanya indikasi beberapa negara anggota aliansi hendak menempatkan pesawat tempur pengangkut senjata nuklir di dekat perbatasan Rusia secara permanen,” kata Lukashevich seperti dikutip Interfax.

“Peningkatan potensi tempur AS di dekat perbatasan Rusia dan rencana mereka mengintensifkan kehadiran militer NATO dan infrastrukturnya di wilayah Eropa Timur jelas meningkatkan ketegangan regional dan memiliki banyak konsekuensi negatif jangka panjang bagi keamanan seluruh wilayah Eropa-Atlantik,” terangnya.

Sumber : RBTH

No comments:

Post a Comment