Monday 9 February 2015

Peluncur Misil Balistik Topol dan Yars Lakukan Patroli di Enam Wilayah Rusia

Peluncur misil balistik Topol, Topol-M, dan Yars telah bergabung dalam misi patroli di enam wilayah Rusia, demikian disampaikan oleh juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia untuk Angkatan Pertahanan Misil Strategis (RVSN) Kolonel Igor Yegorov, Rabu (4/2).

“Topol, Topol-M, dan Yars akan melakukan tugas militernya di enam wilayah Rusia, termasuk tugas patroli. Kami baru saja mengirim sekitar 700 unit peralatan militer, termasuk peluncur misil, ke enam wilayah Rusia, yakni Tver, Ivanovo, Kirov, Irkutsk, wilayah Altai, dan Republik Mari El,” kata Yegorov.

Berdasarkan keterangan Yegorov, mulai tahun ini durasi patroli musim dingin akan diperpanjang sekitar satu bulan. “Artinya, tiap resimen misil akan menghabiskan waktu sekitar 60 hari per tahun untuk berpatroli di wilayah yang telah ditentukan,” terang Yegorov.

Topol merupakan sistem misil balistik strategis antarbenua yang berbasis di darat. Sistem Topol-M ICBM merupakan misil strategis generasi kelima. Misil bertingkat tiga dengan hulu ledak tunggal ini juga memiliki sebuah silo dan versi dinamis. Sementara, Yars merupakan misil balistik antarbenua yang dinamis dan berbasis silo dengan beberapa hulu ledak.

Sumber : RBTH

No comments:

Post a Comment