Tuesday 13 January 2015

Rusia Menjadi Negara Militer Ketiga di Dunia

Moskow Rusia ternyata menjadi negara ketiga di dunia yang paling banyak menghabiskan dana untuk memperkuat perlengkapan militernya.

Business Insider melaporkan Sabtu (10/1/2015) dengan anggaran $ 70 miliar setahun, Rusia merupakan negara berkekuatan militer terbesar ketiga di dunia. Rusia memiliki 845 ribu pasukan bersenjata, 22.550 buah tank canggih dan 1.300 pesawat tempur.

Meski bukan lagi menjadi negara adidaya, Rusia melakukan transformasi cukup pesat di bawah pemerintahan Presiden Vladimir Putin sejak terpilih kedua kalinya 2012. Angkatan bersenjata Rusia semakin dinamis dengan cara memecah brigade militernya lebih kecil.

Teknologi mutakhir menjadi andalan utama militer Rusia dan tidak lagi bertumpu pada jumlah kekuatan personil militernya.

Beberapa senjata andalannya adalah: Sistem anti pesawat udara Pantsir-S1, adalah sistem penangkal serangan udara yang terdiri dari 12 kanon peluru kendali yang efektif. Ada pula jet tempur Mig-35 yang berkecepatan 2.400 kilometer per jam. 

Jet tempur ini mampu melakukan pertarungan militer di udara dan laut serta darat karena dilengkapi peralatan deteksi akurat. Armada militer Rusia dilengkapi pula dengan 16 buah pesawat tempur TupolevTu-160. Pesawat supersonik tercepat di dunia ini mampu membawa 40 ribu kilogram peralatan senjata militer.

Juga sistem balistik antar benua RS-24 Yars. Peluru kendali ini mampu menjelajah hingga 1000 mil, dan dilengkapi peluru berkekuatan 100 kali lebih besar dari Little Boys, sebutan bagi bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima pada 1945. 

Di samping itu Rusia memiliki tank T-90 yang dilengkapi senjata anti-tank dan memiliki senjata mesin anti pesawat udara yang dikendalikan dengan alat pengontrol jarak jauh.

Dan yang mengerikan adalah kapal selam nuklir berbobot mati 14 ribu ton lebih. Kapal selam berbadan ramping ini, sulit dideteksi bila menyelam, dan mampu membawa 10 buah peluru kendali yang berdaya jelajah 8.300 kilometer. Jadi?

Sumber : Inilah

No comments:

Post a Comment