Tuesday 2 December 2014

Tahun Depan, Dua Roket Rusia Diluncurkan dari Pusat Antariksa Guyana

Empat satelit navigasi Eropa GalileoFOC akan ditempatkan di orbit menggunakan kendaraan peluncur Rusia Soyuz-ST. Satelit tersebut diluncurkan tahun depan dari Pusat Antariksa Guyana yang terletak di dekat Kourou, Prancis. 

Hal itu disampaikan oleh Alexander Kirilin, Kepala Pusat Pengembangan Penelitian dan Produksi Roket Luar Angkasa yang terletak di Samara pada Interfax.

“Empat peluncur roket Soyuz-ST akan membawa satelit GalileoFOC dari Pusat Antariksa Guyana antara Februari hingga Juli tahun depan,” kata Kirilin pada Interfax-AVN.

Sementara, seorang narasumber dari industri roket luar angkasa menyampaikan pada Interfax-AVN bahwa jadwal peluncuran roket Soyuz-ST yang paling dekat adalah peluncuran dari Kourou pada 18 Desember mendatang. “Soyuz-ST akan menempatkan empat satelit komunikasi British O3b di orbit,” terang sumber tersebut.

Sejak 2011, sembilan Soyuz-ST telah diluncurkan dari Guyana. Peluncuran terakhir dilakukan pada 22 Agustus lalu, namun tidak terlalu sukses karena dua satelit navigasi GalileoFOC tak mampu mencapai orbit yang direncanakan dan tidak bisa digunakan sesuai tujuan sebelumnya karena terjadi kerusakan pada tingkat atas Fregat-MT.

Sumber : RBTH

No comments:

Post a Comment