Saturday 18 October 2014

Jepang Luncurkan Pesawat Jet Pribadi


Masyarakat Jepang berbahagia sekali karena untuk pertama kali dalam 50 tahun terakhir mereka berhasil meluncurkan pesawatnya dengan nama Mitsubishi Regional Jet (MRJ). Adalah dua perusahaan raksasa, Mitsubishi Aircraft (Nagoya) dan Mitsubishi Heavy Industries yang berjasa menciptakan jet tersebut.

Pesawat ini sebenarnya telah tiga kali mengalami penundaan peluncuran. Rencana semula akan diluncurkan pada tahun 2011 lalu.

Penerbangan perdana akan dilakukan pada bulan April-Juni tahun 2015 yang produksi massalnya akan dikirimkan ke All Nippon Airways (ANA) mulai 1 April tahun 2017.

Jumlah kursi di MRJ sebanyak antara 70-90 orang, diasumsikan dalam pelayanan di rute jarak pendek seperti dalam negeri. Mesin dan badan pesawat memiliki hambatan udara tipis selama penerbangan rendah, secara ekonomi juga irit bahan bakar sebanyak 20 persen dibandingkan dengan jenis yang sama mesin konvensional jet lainnya.

Chairman Mitsubishi Aircraft, Egawa Hideo mengaku senang dan bangga bisa meluncurkan pesawat tersebut dan mereka yakin bisa bersaing dengan pasar internasional karena pembaharuan yang yang lebih baik dari segi teknologi dan sebagainya untuk pesawat jet yang baru ini.

Dengan investasi 1,9 miliar dolar AS pesawat ini berhasil dibuat dengan biaya sekitar 42 juta dolar AS. Memiliki panjang 35,8 meter lebar 29,2 meter, kecepatan mencapai 830 kilometer per jam. Dapat menjelajah jarak sejauh 3400 kilometer atau setara dengan jarak Tokyo ke Beijing atau Tokyo ke Guam.

Tahun 2031 diperkirakan kebutuhan sedikitnya 5000 pesawat jet seperti ini di dunia. Sedangkan MRJ diperkirakan akan memproduksi sekitar 407 pesawat nantinya, sesuai pesanan yang ada per Oktober 2014 ini

Sumber : Tribun

No comments:

Post a Comment