Friday 18 July 2014

Usai Gencatan Senjata Lima Jam, Israel Gempur Gaza Lewat Darat

SETELAH sempat melakukan gencatan senjata sementara selama lima jam, Miiter Israel dan militan Hamas kembali terlibat pertempuran. Kamis malam, Israel bahkan mulai melakukan serangat darat.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan operasi militer Kamis (17/7) malam atau Jumat dini hari waktU Indonesia untuk menghancurkan terowongan-terowongann yang menjadi tempat peluncuran roket  dari Gaza ke Israel.

"Menyusul serangan-serangan yang dilancarkan Hamas selama 10 hari dari darat, udara dan laut, dan setelah penolakan berkali-kali untuk menurunkan ketegangan situasi, Angkatan Darat Israel telah memprakarsai operasi darat di Jalur Gaza," kata Angkatan Darat Israel dalam pernyataannya.

Angkatan darat mengatakan tujuan operasi itu adalah untuk melindungi kehidupan warga Israel dan menghancurkan Hamas, yang menguasai Jalur Gaza. 

"Tujuan IDF seperti yang ditetapkan oleh pemerintah Israel adalah untuk mewujudkan keadaan di mana para warga Israel bisa hidup dengan aman tanpa terus mendapatkan teror, dan sementara itu memukul infrastruktur teror Hamas," kata pernyataan itu. 

Juru bicara militer Jenderal Moti Almoz mengatakan serangan darat itu merupakan tahap kedua operasi, setelah bagian pertama yang sukses, yaitu operasi serangan udara. 

"Saya meminta para warga Gaza untuk mengosongkan wilayah di mana tentara (Israel) dengan menjalankan operasi," katanya dalam pernyataan yang disiarkan melalui radio. "Operasi ini akan diperpanjang sejauh diperlukan," katanya.

Sumber : Jurnas

No comments:

Post a Comment