Friday 11 July 2014

Serangan Roket Kelompok Separatis Tewaskan 30 Tentara Ukraina

Setidaknya sekira 30 tentara tewas dalam serangan sebuah kamp militer Ukraina pada Jumat 11 Juli 2014. Hal ini disebabkan oleh serangan roket yang dilancarkan kelompok separatis Pro - Rusia.

Mengutip dari New York Times, Jumat (11/7/2014), Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Ukraina Anton Shcherbakov mengatakan, pihak berwenang masih menyelidiki insiden penyerangan tersebut.

Diduga kelompok separatis menyerang kamp militer dengan menggunakan roket Grad buatan Rusia.

Menurut  Shcherbakov, jika jumlah korban ternyata memang mencapai 30 orang, berarti serangan ini  merupakan yang paling mematikan dalam beberapa bulan. Mengingat Pemerintah Ukraina sedang berupaya meredam  gerakan separatis di timur Ukraina.

Sebelumnya, Pemerintah Ukraina telah melakukan serangan militer terhadap kelompok separatis. Upaya tersebut akhirnya membuahkan hasil pada pekan lalu di mana pasukan Ukraina berasil merebut Kota Slovyansk dari tangan separatis.

Tidak hanya itu, pihak berwenang Ukraina juga mengumumkan pada Rabu 9 Juli 2014 malam waktu setempat bahwa mereka telah berhasil merebut kembali pos penjagaan di sepanjang perbatasan Ukraina dengan Rusia.

Seperti diketahui memanasnya situasi di Ukraina Timur dipicu setelah Rusia melakukan aneksasi terhadap wilayah Crimea.


Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment