Tuesday 10 June 2014

Sudah 72 Tahun Kapal Perang AS Karam di Indonesia

Pada 28 Februari 1942 atau 72 tahun silam, militer Jepang menenggelamkan kapal perang Amerika Serikat (AS), Northampton Class di Laut Jawa ketika Perang Dunia II pecah. Kini, para penyelam Angkatan Laut AS akan melihat bangkai kapal perang AS itu.

Dalam misi itu, Angkatan Laut AS berencana bekerjasama dengan Angkatan Laut Indonesia. Kapal itu diduga karam di wilayah laut sekitar 125 meter dari pulau Jawa, Indonesia. AS penasaran ingin mengetahui kondisi bangkai kapal perangnya yang karam di perairan korosif yang tidak stabil itu.

”Kami bekerja dengan mitra Angkatan Laut Indonesia, CARAT 2014 menawarkan kesempatan yang sangat baik untuk melakukan pertukaran diving ini sebagai bagian dari tujuan pelatihan bersama kami,” kata Komandan Satuan Tugas 73 dan Komandan Angkatan Laut CARAT, Laksamana Cindy Thebaud.

“Sementara itu, kita juga memungkinkan untuk mengetahui kondisi kapal yang merupakan bagian penting dari warisan Angkatan Laut AS,” lanjut Thebaud, seperti dikutip Fox News, semalam (9/6/2014).

Kapal Nothampton Class sepanjang 570 kaki atau sekitar 173 meter itu sedang berlayar di malam hari bersama kapal perang Australia HMAS Perth. Kedua kapal perang kala itu sedang lari dari kejaran kapal perusak Jepang, Fubukim, selama pertempuran di Selat Sunda.

Kapal perang AS dan Jepang terlibat baku tembak rudal selama pertempuran itu, sebelum akhirnya kapal perang AS dikaramkan. Dari 1.061 orang yang ada di kapal perang AS kala itu, sebanyak 368 orang selamat. Beberapa awak kapal kemudian menjadi tawanan perang Jepang.

Pada tahun 2012 lalu, warga AS yang selamat dalam peperangan tersebut bekumpul untuk memperingati 70 tahun karamnya kapal perang AS.


Sumber : Sindo

No comments:

Post a Comment