Thursday 5 June 2014

Separatis Pro-Rusia Tembak Jatuh Pesawat Tempur Kiev

Pertempuran yang berlangsung sejak Senin di Ukraina timur terus berkecamuk. Milisi separatis pro-Rusia kembali menembak jatuh pesawat dan helikopter tempur Rusia.
 
Semalam, operasi militer Kiev, Ukraina, berlangsung di wilayah Slavyansk dan sekitarnya.


”Hari ini kita telah memiliki data dua orang tewas dan 42 luka-luka,” bunyi pernyataan militer Ukraina, seperti dikutip Reuters,Rabu (4/6/2014).
 
Militer Ukraina mengklaim, dari kubu separatis jumlah korban tewas dan luka mencapai 300 orang. Namun, klaim itu tidak bisa diverifikasi secara independen.”Pertempuran terus berlangsung,” lanjut pernyataan militer Ukraina.
 
Sementara itu, seorang juru bicara separatis pro-Rusia, Stella Khorosheva, mengatakan jumlah korban tewas di kota Slavyansk, terus bertambah.”Saya tidak bisa mengatakan berapa banyak korban tewas, saya hanya bisa mengatakan pasukan Ukraina terus menyerang desa-desa di pinggiran kota, banyak wanita dan anak-anak melarikan diri,” katanya.
 
Daria, 27, seorang warga Slavyansk mengatakan, dia ingin meninggalkan wilayah itu, karena situasi tidak aman.”Kami tidak bisa menghitung dampak dari jumlah kebakaran (akibat pertempuran),” katanya. ”Pesawat Perang sedang terbang di atas. Kami tinggal di basement semampu kita bertahan.”
 
Presiden terpilih Ukraina, Petro Poroshenko, telah menyerukan agar operasi militer di wilayah Ukraina timur terus dilanjutkan. Dia telah bersumpah untuk menangkap pemimpin separatis dan meyeretnya ke pengadilan.


Sumber : Sindo

No comments:

Post a Comment