Tuesday 17 June 2014

Rusia Kirim Jet YAK-130 untuk Suriah

Infografis pesawat tempur latih pertama buatan Rusia, YAK-130
Menurut narasumber Kommersant, hingga akhir tahun ini Damaskus akan mendapatkan sembilan unit pesawat, 12 unit untuk 2015, dan 15 unit untuk 2016.

“Dengan begitu, kami akan memenuhi semua kewajiban kontrak untuk 36 unit pesawat YAK-130 yang telah ditandatangani sebelumnya,” tulis Kommersant.

Pada Juni tahun lalu, salah satu media menulis bahwa Suriah telah memberi uang muka sebesar 100 juta dolar AS untuk 6 unit pesawat YAK-130 pada Rusia, berdasarkan kontrak yang telah ditandatangani pada Desember 2011. 


Narasumber RIA Novosti mengungkapkan bahwa YAK-130 untuk Suriah sudah dibuat dan tinggal menunggu keputusan politik untuk memasang mesin penggerak dan avionik (seluruh sistem elektronik yang digunakan pada pesawat terbang), dan dikirimkan ke Suriah.

Seperti yang ditulis oleh media tersebut, kontrak militer Suriah merupakan salah satu kontrak tersulit untuk dipenuhi bagi Rusia. Dari aspek teknis, perindustrian pertahanan negara milik Rusia tidak kesulitan untuk mempersiapkan pemesanan senjata bila sudah diberikan uang muka sebelumnya.

Namun, masalah muncul saat pengiriman barang kepada pemesan. Negara-negara anggota NATO dan Amerika Serikat beberapa tahun terakhir ini terus menjegal tentara simpatisan Presiden Suriah Bashar Assad untuk mendapatkan persenjataan Rusia.

Rusia sudah berkali-kali menyatakan bahwa pengiriman ke Suriah, yang sejak bulan Maret 2011 terus diguncang konflik bersenjata, adalah untuk persenjataan pertahanan dan tidak melanggar hukum internasional.

Sumber : RBTH

No comments:

Post a Comment