Thursday 19 June 2014

Korut Pamer Rudal Buatan Rusia

Pemerintah Korea Utara (Korut) lagi-lagi merilis film propaganda mengenai kekuatan militernya. Kali ini Korut memamerikan rudal KH-35 buatan Rusia, yang diyakini baru saja mereka miliki.

Rudal tersebut tampak tengah ditembakan dari sebuah kapal milik Angkatan Laut Korut. Pengamat pun menyebut video ini sebagai ancaman serius yang bisa menyebabkan ketidakstabilan di Semenanjung Korea.

KH-35 ini diketahui memiliki panjang mencapai 46,2 meter (m) dan berat mencapai 521,6 kilogram (kg). Rudal KH-35 mampu menempuh jarak hingga 112, 6 kilometer (km). Demikian diberitakan Telegraph, Kamis (19/6/2014).

Rudal ini dikembangkan ketika Uni Soviet masih berdiri. Pada 1983 rudal KH-35 dirilis beberapa bulan setelah Uni Soviet saat itu melihat kerusakan yang disebabkan oleh Inggris dalam perang memperebutkan Pulau Falklands dari Argentina.

Berdasarkan video ini, merupakan bukti bahwa Korut mampu melepaskan senjata yang bisa menyebabkan kerusakan berat. Ini termasuk dengan senjata yang bisa diluncurkan dari kapal laut, helikopter dan pertahanan di pantai.

Hingga saat ini Korut masih dikenakan sanksi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), setelah melakukan serangkaian uji coba nuklir dan rudal balistik. Pertanyaan muncul dari mana Korut mendapatkan rudal tersebut.

Versi rudal ini sudah diekspor ke beberapa negara seperti Aljazair, India, Vietnam, Venezuela dan Myanmar. Namun pengamat menilai Rusia menjadi pemasok langsung kepada Korut.

Sebelumnya ada tanda-tanda menunjukkan kerja sama antara Rusia dengan Korut dalam beberapa bulan terakhir. Presiden Rusia Vladimir Putin ditengarai mencoba menarik hati dari Kim Jong-Un dengan harapan pipa gas Rusia bisa dialirkan ke Korut demi memasuki pasar Korea Selatan (Korsel).


Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment