Sunday 8 June 2014

Baru Saja Dibebaskan, Komandan Taliban Siap Serang AS

Salah satu dari lima komandan Taliban yang bebas setelah ditukar dengan prajurit Amerika Serikat (AS), siap menyerang AS kembali. Saat ini Noorullah Noori masih berada di Qatar dan belum dikembalikan ke Afghanistan.

"Setelah tiba di Qatar, Noorullah Noori bersikeras untuk kembali ke Afghanistan dan akan melawan pasukan Amerika di sana," ujar seorang komandan Taliban kepada NBC News, Sabtu (7/6/2014).

Noori ingin segera kembali ke Afghanistan setelah mengetahui bahwa AS memberikan jaminan tertulis bahwa tidak ada negara yang akan menangkap kelima komandan Taliban yang dibebaskan, selama mereka hidup dengan damai. Jaminan itu berlaku hingga satu tahun.

Berdasarkan perjanjian, kelima komandan Taliban yang ditukar dengan prajurit Bowe Bergdahl ini akan tetap dalam pengawasan Pemerintah Qatar.

"Setiap pergerakan dan aktivitas mereka akan tetap diawasi dengan ketat," tutur pihak AS.

Pertukaran tahanan antara AS dan Taliban menjadi perdebatan sengit dalam Senat AS. Sebagian besar dari politikus Partai Republik tidak bisa menerima pertukaran tahanan ini, mereka khawatir akan banyak prajurit AS lain yang akan diincar untuk diculik oleh Taliban.

Sementara bagi Taliban, bebasnya para komandan senior mereka adalah sebuah kemenangan. Tetapi mereka tetap memperhatikan perilaku dari kelima komandan tersebut, karena sudah ditahan selama 12 tahun di Penjara Guantanamo dan mengalami penyiksaan.


Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment