Monday 5 May 2014

Pesawat Hilang Kontak, Prancis Kerahkan Jet Tempur

Prancis mengerahkan jet tempur pada Minggu (4/5) setelah sebuah pesawat bergeser dari jalurnya dan kehilangan kontak radio di barat negara itu, seperti diungkapkan pejabat militer Prancis.
 
Pesawat Boeing milik maskapai penerbangan United Airlines asal Amerika Serikat tersebut lepas landas dari Roma, Italia, menurut pernyataan badan informasi angkatan udara Prancis SIRPA.

Pihak maskai menolak memberikan kenterangan mengenai kebenaran informasi tersebut ketika dihubungi oleh AFP.

Pesawat tempur Rafale berhasil mencapai jet tersebut setelah beberapa saat melakukan penerbangan supersonik antara kota La Roche-sur-Yon dan Nantes di dekat pesisir Atlantik. Jet temput berhasil menyambung kembali kontak radio. Pesawat berpenumpang tersebut kemudian kembali ke jalurnya semula.

Petugas pemadam kebakaran setempat mengatakan pihaknya menerima sejumlah telepon dari warga setelah jet tempur melewati hambatan suara sekitar 100 kilometer selatan Bordeaux dengan ketinggian jelajah sekitar 10.700 meter.

Pejabat militer Prancis mengatakan dalam insiden seperti pada Minggu lalu, pilot jet tempur akan memosisikan dirinya ke sisi kiri pesawat, sementara pilot pesawat akan memperoleh gambaran penuh untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi sesuai dengan regulasi internasional. 

Sumber : Satuharapan

No comments:

Post a Comment