Tuesday 20 May 2014

Kakak Kim Jong-Un Dikabarkan Nongol di Jakarta

Kakak tiri dari pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un dikabarkan terlihat di Jakarta. 

Terlihatnya Kim Jong-Nam seperti membuktikan bahwa dirinya bersembunyi usai eksekusi mati yang dilakukan terhadap paman Jong-Un.

Kim Jong-Nam dikabarkan terlihat di sebuah restoran Italia di Jakarta pada 4 Mei 2014 lalu. Menurut media Korea Selatan (Korsel), YTN, Jong-Nam tampak berada di restoran milik warga Jepang itu bersama dua perempuan.

YTN mengutip keterangan dari teman dari pria berusia 43 tahun tersebut mengenai kondisinya saat ini. Berdasarkan keterangan teman dari Jong-Nam, kakak tiri dari Jong-Un hidup serba berkecukupan. Demikian diberitakan South China Morning Post, Selasa (20/5/2014).

Bahkan Kim Jong-Nam dikabarkan melenggang dengan bebas di Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Prancis. Sepertinya Jong-Nam tidak terlalu terpengaruh dengan berita eksekusi mati dari pamannya Jang Song-Thaek pada Desember 2013 lalu.

Selama ini Jong-Nam diketahui sangat dengan Jang. Selama ini mantan orang terkuat di Korut tersebut, menjadi mentor bagi Kim Jong-Un sekaligus Kim Jong-Nam.

Eksekusi mati dari Jang Song-Thaek adalah peristiwa politik besar sejak Jong-Un memimpin Negara Komunis tersebut. Namun dikabarkan hubungan Jong-Un dengan Jong-Nam tidak harmonis.

Kim Jong-Nam pada awalnya dianggap sebagai pengganti Kim Jong-Il. Tetapi dirinya kemudian terasingkan karena masuk ke Jepang dengan diam-diam dan dengan santai bersenang-senang di Disneyland pada 2001.

Sejak terpinggirkan dari lingkup kekuasan Korut, Kim Jong-Nam hidup berpindah-pindah tetapi lebih sering menetap di Macau. Sosok Jong-Nam dianggap sebagai tokoh yang mendukung reformasi. Dirinya juga menolak politik transfer kekuasaan yang terjadi di Korut.


Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment