Sunday 11 May 2014

Iran pecahkan rahasia dan bikin replika drone AS

Pemerintah Iran telah berhasil membongkar rahasia pesawat tanpa awak atau drone milik Amerika Serikat (AS). 

Iran bahkan telah berhasil membuat replika pesawat nirawak AS yang biasa digunakan untuk memata-matai membunuh para militan itu.

Teheran pada Desember 2011 mengklaim telah menangkap drone AS tipe RQ-170 Sentinel . Setelah itu, mereka membongkar dan membuat drone tiruannya. Sejumlah media AS melaporkan, drone AS kala itu beroperasi untuk memata-matai program nuklir Teheran.

”Teknisi kami berhasil memecahkan rahasia pesawat tak berawak dan menyalinnya. Ini akan segera dilakukan uji terbang,” kata seorang petugas mengambil uji terbang , "kata seorang perwira Iran kepada stasiun televisi setempat.

Stasiun televisi itu juga menayangkan kunjungan pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei untuk menyaksikan langsung kemajuan militer Iran, hasil kerja keras Garda Revolusi Iran. Selain drone, Khamenei juga menyaksikan rudal balistik produksi dalam negeri.

Ada dua drone yang diproduksi Teheran.”Drone ini sangat penting untuk misi mata-mata,” kata Khamenei seperti dikutip kantor berita Fars, kemarin (11/5/2014).

Washington sendiri mengaku telah kehilangan kendali salah satu pesawat nirawaknya. Presiden Barack Obama juga telah meminta Iran untuk mengembalikan drone Sentinel.


Sumber : Sindo

No comments:

Post a Comment