Tuesday 15 April 2014

Jet Tempur Rusia Provokasi Kapal Perang AS

Sebuah pesawat tempur milik Rusia terbang rendah dan melintas beberapa kali di dekat sebuah kapal jenis destroyer milik Angkatan Laut Amerika Serikat di jalur perairan 

internasional di Laut Hitam akhir pekan lalu, menurut keterangan Pentagon, Senin (14/4) waktu setempat.
 
Pentagon menyebut aksi itu sebagai tindakan “provokatif dan tidak profesional."
Insiden di dekat pantai Rumania ini menambah ketegangan yang semula dipicu oleh tindakan Rusia mencaplok Semenanjung Crimea milik Ukraina.

Kapal AS tersebut dikirim ke Laut Hitam pada 10 April untuk menunjukkan solidaritas AS terhadap para sekutu di Eropa Timur yang menjadi anggota NATO terkait aksi Rusia.

Juru bicara Pentagon, Kolonel Steven Warren, mengatakan: "Pada 12 April, sebuah pesawat (Sukhoi) Su-24 melakukan beberapa manuver jarak dekat dan terbang rendah di dekat kapal USS Donald Cook, yang tengah melakukan sebuah operasi di perairan internasional di bagian barat Laut Hitam.”

"Pesawat itu tidak menjawab panggilan dan peringatan berkali-kali dari Donald Cook. Peristiwa itu berakhir tanpa insiden setelah kira-kira 90 menit."

"Aksi provokatif dan tidak profesional oleh Rusia ini bertentangan dengan protocol internasional dan perjanjian tentang interaksi profesional antara militer kami."

Dalam peristiwa tersebut, SU-24 dilaporkan mendekat hingga jarak kurang dari 1.000 meter dari kapal perang AS.

Pesawat tersebut “terlihat tidak membawa senjata," kata Warren. Pesawat tidak sampai melintas di atas dek kapal, tambahnya.

Ada satu lagi Su-24 di dekatnya, namun tidak ikut terlibat, ujar Warren.
"Kapal Donald Cook lebih dari mampu untuk mempertahankan dirinya dari dua pesawat Su-24," tegasnya.

Kapal perang Amerika jenis destroyer USS Donald Cook dalam sebuah latihan menembakkan rudal (Wikimedia).

Kapal AS itu sedang melakukan patroli rutin dan tidak berada di bawah ancaman.
“Ini cuma aksi provokasi saja,” jelasnya. "Sangat sulit dipercaya bahwa dua pilot Rusia bisa memutuskan sendiri untuk melakukan tindakan seperti itu.”

USS Donald Cook tidak membawa pesawat tempur namun dilengkapi dengan senjata canggih seperti torpedo dan rudal jelajah Tomahawk.

Sumber : Beritasatu

No comments:

Post a Comment