Monday 17 March 2014

Rusia izinkan Ukraina pantau wilayahnya


Moskow akan meminjamkan satu helikopter kepada para pemeriksa Ukraina yang meminta melakukan misi pemantauan di wilayah Belgorod dan Kursk, Rusia, kata Kementerian Pertahanan Rusia seperti dikutip Xinhua.

"Untuk melaksanakan komitmen kami pada kewajiban internasional kami mengenai Dokumen Wina tentang Tindakan Keamanan dan Kepercayaan (2011), kami setuju untuk kembali mengizinkan pemeriksa Ukraina ke wilayah kami," kata Wakil Menteri Pertahanan Rusia Anatoly Antonov kepada wartawan.

Misi Ukraina tersebut akan diperkenankan memeriksa wilayah perbatasan itu dari udara untuk memastikan bahwa tak ada kegiatan militer yang mengancam Ukraina, katanya.

Sabtu pekan lalu Kiev meminta Organisasi bagi Keamanan dan Kerja Sama di Eropa (OSCE) untuk melakukan pemeriksaan antara 18 dan 24 Maret.

"Tujuannya adalah memeriksa daerah di Belgorod dan Kursk -yang berbatasan dengan Ukraina yang berkaitan dengan kegiatan militer tak diumumkan," kata Antonov kepada Interfax sebagaimana dikutip Xinhua.

Itu adalah untuk kedua kali selama Maret, Ukraina meminta izin Rusia melakukan penerbangan pemeriksaan. Pada 12 Maret, Moskow mengizinkan Kiev melakukan satu penerbangan pemeriksaan di wilayah perbatasan kedua negara sejalan dengan Kesepakatan Langit Terbuka 1992.  Namun saat itu Kiev tidak melakukan pemeriksaan dengan alasan kesulitan keuangan.

Sejak meletusnya kerusuhan politik, Kiev menuduh Moskow menghasut rasa separatis dan memperburuk situasi di Krimea dengan meningkatkan kehadiran prajurit militernya di semenanjung tersebut, tuduhan yang dibantah oleh Moskow.


Sumber : Antara

No comments:

Post a Comment