Wednesday 5 March 2014

AL Rusia Akan Tambah Tiga Kapal Pendarat

Angkatan Laut Rusia akan menambah tiga kapal pendarat baru ukuran besar tahun depan ke dalam armadanya yang yang telah memiliki 19 kapal, kata Menteri Pertahanan Sergei Shoigu yang dikutip media Selasa.

Angkatan Laut Rusia siaga dalam krisis internasional menyangkut Krimea, satu wilayah Ukraina yang berpenduduk mayoritas etnik Rusia yang Moskow secara efektif kuasai dari Kiev dalam beberapa hari belakangan ini. Aksi Moskow itu kemarahan pihak Barat.

Presiden Vladimir Putin memerintahkan pasukan yang terlibat dalam satu pelatihan militer di daerah tengah dan barat Ukraina pulang ke pangkalan-pangalan mereka, satu tindakan yang agaknya bertujuan membantu meredakan ketegangan.

Tetapi waktu pernyataan Shoigu itu menandakan Moskow masih mengendurkan ketegangannya, menegaskan komitmen Moskow untuk meningkatkan pembangunan angkatan bersenjata dalam tahun-tahun depan. Armada Laut Hitam Rusia memiliki satu pangkalan di Krimea.

"Kini Angkatan Laut Rusia memiliki 19 kapal tipe ini, mereka beroperasi rata-rata lebih dari 25 tahun," kata Shoigu yang dikutip kantor berita Interfax.

"Pada tahun 2013 Angkatan Laut Rusia akan menambah kapal pendarat besar "Ivan Gren" serta dua kapal induk helikopter," katanya.

Sumber : Tempo

No comments:

Post a Comment