Sunday 9 February 2014

Tiongkok Kritik Sikap AS Terkait Laut Cina Selatan

Beijing - Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok membantah kritik AS yang menyebut klaim Tiongkok di sebagian besar kawasan Laut Cina Selatan melanggar hukum internasional.

Hong Lei merespons pernyataan yang diberikan Asisten Menteri Luar Negeri AS, Daniel Russel, di hadapan sub komite Asia Pasifik, Dewan Perwakilan Rakyat pada Rabu lalu. Saat itu, Russel mengatakan setiap klaim atas hak maritim yang tidak berdasarkan luas lahan adalah melanggar hukum internasional.

Juru bicara Tiongkok dalam sebuah pernyataan menyatakan bahwa hak maritim Tiongkok di Laut Cina Selatan dibentuk berdasarkan nilai sejarah dan dilindungi oleh hukum internasional.

Dia mengatakan, Tiongkok melanjutkan upaya untuk menyelesaikan sengketa kepulauan di Laut Cina Selatan melalui pembicaraan langsung dengan setiap negara yang terlibat.
Dia mengkritik pernyataan Russel sebagai tindakan yang tidak membangun.

Pejabat Tiongkok ini mendesak Amerika Serikat untuk memainkan peran yang membangun melalui sikap yang rasional dan adil untuk menjaga perdamaian, stabilitas dan kemakmuran di kawasan.

Sumber : Beritasatu

No comments:

Post a Comment