Sunday 19 January 2014

Rwanda Kirim Pasukan Militer ke Afrika Tengah

Tentara Rwanda telah dikirim ke Republik Afrika Tengah (CAR) sebagai bagian dari misi Uni Afrika (AU) ke negara yang dilanda kekerasan, tentara Rwanda mengatakan.

Panglima militer Rwanda Patrick Nyamvumba Kamis memberi penghormatan pada sejumlah pertama dari tentara negara ini yang dikirim ke CAR, karena mereka naik sebuah pesawat militer AS.

Penyebaran terjadi sehari setelah Uni Afrika menyerukan kepada negara-negara di wilayah Great Lakes - serangkaian danau yang merupakan bagian dari danau Rift Valley di dan sekitar Rift Afrika Timur - untuk memperkuat misi penjaga perdamaian di CAR untuk menstabilkan situasi di negara Afrika.

"Selain pengalaman batalyon sebagai bagian dari seluruh RDF (Rwanda Defense Force) dalam operasi penjaga perdamaian, telah menjalani pelatihan pra-penyebaran dengan spesifik pada CAR," kata juru bicara militer Joseph Nzabamwita dalam pernyataan mengacu pada sejumlah 850 tentara.

Afrika yang memimpin Misi International Support ke CAR (MISCA) saat ini memiliki 4.400 tentara, tetapi diharapkan akan diperkuat hingga 6.000.

Uni Afrika, yang sudah merupakan pasukan dari Burundi, Kamerun, Republik Demokratik Kongo, Gabon, Chad dan Equatorial Guinea, dan misi yang terpisah dari 1.600 tentara Prancis telah diizinkan untuk memberantas kekerasan di negara bekas koloni Perancis.

Meskipun kehadiran banyak tentara, kekerasan sektarian di CAR mengklaim 1.000 jiwa bulan lalu saja.

Republik Afrika Tengah berputar ke dalam kekacauan Maret 2013 ketika pejuang Seleka menggulingkan Presiden Francois Bozize dan membawa Michel Djotodia berkuasa. Bozize melarikan diri setelah kejatuhannya.

Pada tanggal 10 Januari, baik Djotodia dan Perdana Menteri Nicolas Tiengaye mengundurkan diri setelah tekanan kuat atas kegagalan pemerintah untuk membendung kekerasan mematikan.

Perancis menginvasi CAR pada tanggal 5 Desember 2013, dan mengklaim bahwa tujuan misi ini adalah untuk menciptakan stabilitas di negara itu untuk memungkinkan bantuan kemanusiaan untuk menjangkau daerah-daerah yang dilanda kekerasan.


Sumber : Wartanews

No comments:

Post a Comment