Wednesday 8 January 2014

Helikopter AL Amerika Jatuh di Cagar Alam Inggris

Cley – Empat orang diyakini tewas dalam kecelakaan helikopter di Cley, timur Inggris. Helikopter militer HH-60g Pave Hawk merupakan helikopter Angkatan Laut AS yang bermarkas di RAF Lakenheath di Suffolk. 

Petugas telah mengepung area hingga radius 400 meter untuk mengamankan lokasi.

“Pesawat ini tengah dalam misi pelatihan tingkat rendah ketika kecelakaan terjadi,” demikian pernyataan juru bicara RAF kepada BBC.

Helikopter ini jatuh sekitar pukul 18.00 waktu setempat. Sekitar satu jam kemudian, tim penyelamat langsung mendatangi lokasi jatuhnya pesawat yang berada di kawasan cagar alam yang menjadi habitat bagi sejumlah burung. Sebanyak enam peralatan penyelamatan juga sudah diterjunkan ke lokasi.

Penyebab jatuhnya helikopter yang mengangkut pilot, co-pilot, chief crew (insinyur penerbangan), dan penembak ini belum diketahui. Seorang saksi menuturkan, helikopter ini terbang begitu rendah sebelum akhirnya jatuh ke tanah.

“Kami sudah terbiasa mendengar suara helikopter melintasi wilayah ini. Namun kali ini, pesawat itu terbang lebih rendah dari biasanya," ujar Suzanne McKnespiey, pemilik usaha roti di kawasan ini.

Semula, helikoter ini diduga jatuh ke Laut Utara. Beberapa warga juga mengira helikopter jatuh di kawasan pantai. The Royal National Lifeboat Institution bahkan sudah menyiapkan tiga sekoci untuk membantu penyelamatan. 


Namun, rupanya, helikopter ini jatuh masih di dalam kawasan cagar alam. Untuk sementara, kawasan cagar alam ini akan ditutup untuk umum.

Sumber : Tempo

No comments:

Post a Comment