Tuesday 17 December 2013

Pertahankan Pulau Sengketa, Jepang Beli Jet Siluman


Pemerintah Jepang mengumumkan akan melakukan pembelian peralatan militer besar-besaran. 

Beberapa di antaranya adalah jet tempur siluman Stealth, kapal selam dan kapal canggih lainya.

Langkah tersebut sebagai upaya untuk memperkuat militernya yang juga sekaligus meningkatkan pertahanan pulau-pulau sengketa, yang juga diperebutkan Cina.

Seperti dinukil AFP, Selasa (17/12), Kabinet Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe sepakat menggunakan dana senilai 24,7 triliun Yen atau sekitar 240 juta dolar AS antara 2014 dan 2019 dalam perubahan strategi terhadap selatan dan barat negara itu -- kenaikan lima persen anggaran militernya selama lima tahun.

Belanja peralatan senjata itu bagian dari usaha Abe meningkatkan militer di Jepang, yang secara resmi bersifat mengambil jalan damai sejak kekalahan pada Perang Dunia II.

Jepang yang memiliki peralatan militer yang memadai dan personel profesional dibatasi hanya memiliki peran bela diri.

"Dapatkah kita sesungguhnya melindungi nyawa warga negara dan negara kita hanya dengan melaksanakan hak untuk mempertahankan diri individual?" tanya Abe secara retorika pada pertemuan dengan panel pakar keamanan Selasa (17/12), seperti dilansir kantor berita Jepang Kyodo.

Pengeluaran berskala besar atas peralatan militer terjadi ketika Jepang membentuk satu Dewan Keamanan Nasional seperti ala Amerika Serikat yang diperkirakan 


mengkonsentrasikan kekuasaan lebih besar di tangan sejumlah kecil politisi dan birokrat senior.

Sumber : Skalanews

No comments:

Post a Comment