Sunday 8 December 2013

Korut Lepaskan Veteran Perang AS

WASHINGTON - Merrill Newman (85), warga negara Amerika Serikat (AS), yang ditahan otoritas Korea Utara (Korut), dideportasi kembali ke negaranya. Pesawat yang ditumpangi Merrill tiba di Bandara Internasional San Fransisco, Sabtu (7/12/2013).
"Sangat menyenangkan bisa pulang," ujar Newman, seperti dilansir Tribunnews dari CNN, Minggu (8/12/2013).

Ia mengucapkan terimakasih kepada diplomat AS dan Swedia yang membantu proses pembebasannya. "Saya lelah, saya siap bertemu dengan keluarga saya sekarang. Terimakasih atas dukungan kepada saya," katanya.

Beberapa jam sebelumnya, dari bandara Beijing, Newman mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Korut. "Saya sangat senang dalam perjalanan saya pulang ke rumah. Saya sangat menghargai toleransi Pemerintah Korut, yang mengizinkan saya pulang," katanya.

Perlu diketahui, Newman dapat pulang kembali ke negaranya setelah Korut mendeportasi veteran Perang Korea itu ke AS.

Menurut seorang pejabat Pemerintah AS, pembebasan Newman merupakan hasil dari lobi langsung antara Washington ke Pyongyang.

Seorang pejabat Pemerintah Korut, mengatakan, Newman dibebaskan setelah administrasi Obama menghubungi mereka, dan meminta pembebasan Newman.


Sumber : Tribunnews

No comments:

Post a Comment