Saturday 21 December 2013

China Hina Strategi Militer Jepang

China menghina strategi militer Jepang yang akan memperkuat pasukan serta peralatan militernya. Kebijakan Jepang tersebut dianggap oleh China sebagai upaya ekspansi militer.

"Apa yang dilakukan oleh Jepang akan memicu terjadinya ketegangan regional," ujar Juru Bicara Kementerian Pertahanan China Geng Yansheng, seperti dikutip BBC, Sabtu (21/12/2013).

Sebelumnya, Jepang mengatakan akan membeli perlengkapan militer baru untuk memperkuat militernya. Peralatan yang akan dibeli Jepang termasuk drone dan kendaraan amfibi.

Langkah yang dilakukan Jepang itu diambil setelah kedua negara terlibat sengket perebutan Pulau Senkaku. Selain itu, sikap arogan China yang menerbitkan zona keamanan udara di Laut China Timur, turut memicu kebijakan pembaharuan militer Jepang.

"China menentang tindakan dari Jepang. Mereka menggunakan isu keamanan nasional untuk melakukan ekspansi militer," lanjut Geng.

Rencana memperkuat militer Jepang ini diperkirakan akan mencapai 2,5 persen dalam lima tahun ke depan. Hal ini membuktikan bahwa Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menginginkan peran militer yang lebih untuk menghadapi kekuatan China.

Selain itu, pemerintahan Abe juga mengkaji ulang pelarangan ekspor senjata. Langkah ini bisa menghidupkan kembali industri senjata Jepang dan menguntungkan kontraktor militer seperti Mitsubishi Heavy Industries Ltd dan Kawasaki Heavy Industries Ltd. 


Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment